Pelatihan Belajar Menulis KSGN (16), Gelombang 17

STRATEGI PEMASARAN BUKU SAAT PANDEMI

Ditulis: Rince Wiki Utami





Dari judulnya berarti kita harus menjadi penjual buku, banyak buku yang bisa kita jual tidak hanya harus buku milik kita. Sebagai sebuah wacana ilmu Strategi penjualan atau pemasaran apalagi disampaikan pelaku pemasaran itu sendiri tentu pengalamannya menjadi yang sangat berharga. 

Pengalaman itu malam ini bisa kita dapatkan dari perusahaan penerbitan besar, yaitu PT Andi. Narasumber hebat dari Penerbit Mayor. Beliau adalah Bapak Agustinus Subardana, Selaku Direktur Pemasaran Penerbit Andi.

tentang beliau bisa dilihat di dalam link berikut. http://literasikangagus.blogspot.com/

Suatu kehormatan saya bisa hadir lagi di grup belajar menulis tema saya malam ini tentang Strategi Pemasaran Buku di saat Pandemi.. beliau membuka acara di Senin malam tanggal 8 Februari 2021 dengan semangat 

Kondisi toko buku hari ini

Kilas balik mengenai pemasaran buku saat pandemi memasuki tahun 2021. Industri Buku di Pasar Global Bertumbuh, di saat pandemi.

Data yg kita peroleh bahwa Di tengah melesunya bisnis di berbagai industri akibat pandemi Covid-19, industri penerbitan buku justru bertumbuh. Merujuk laporan Nielsen BookScan ICM, penjulan buku di global hingga akhir pekan di bulan Juli 2020 (YTD) mengalami pertumbuhan cukup signifikan.

Masih merujuk data tersebut, genre buku yang mengalami kenaikan adalah genre “Food & Drink” yang pertumbuhannya mencapai 33% atau menjadi 2,8 juta Euro. Selanjutnya, pada genre Fiksi tumbuh 9% (menjadi 7,1 juta Euro), genre Leisure & Lifestyle tumbuh 37% (menjadi 1,4 juta Euro), genre Personal Development tumbuh 11% (menjadi 2,2 juta Euro), dan genre Children & Young Adult Non-Fiction tumbuh 15% (menjadi 1,5 juta Euro).
Lantas, bagaimana dengan Indonesia?

Diungkapkan Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Rosidayati Rozalina, seperti yang kita kutip dari situs resmi www.ikapi.org, industri penerbitan nasional terdampak cukup keras dalam terpaan pandemi. Lantaran, tutupnya toko-toko buku, sekolah-sekolah, dan pengadaan buku oleh dinas/perpustakaan.

Berdasarkan hasil survei Ikapi, sebanyak 58,2% penerbit mengeluhkan penjualan yang turun lebih dari 50%. Separuh penerbit juga menyebutkan merosotnya produktivitas karyawan secara tajam dalam kondisi work from home (WFH) saat ini. Bahkan, sebanyak 60,2% penerbit menyatakan bahwa mereka hanya sanggup menggaji karyawan selama tiga bulan dan hanya 5% yang menyatakan sanggup bertahan sampai satu tahun.

Kendati demikian, tidak semua penerbitan buku mengalami penurunan penjualan. Ada sejumlah penerbitan buku di Indonesia justru mengalami pertumbuhan yang signifikan selama pandemi di 2020. Alhamdulilah puji syukur , kami Penerbit Andi Offset masih bisa bertahan dan bertumbuh. 

Dan tahun 2021 ini Kami Penerbit Andi akan membuka cabang representative (Stokis)  sebanyak 120 titik di kota & kabupaten di indonesia..

Fenomena menarik di industri penerbitan buku pada masa pendemi adalah bertumbuhnya penjualan di kanal online..

Dalam rangka untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku , supaya tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka kita perlu  strategi pemasaran. 

Srategi Pemasaran biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha, intreprenur yang menjalankan bisnis.
 
Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokkan menjadi katagori buku. 

Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).

Dari jenis – jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan. 

Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis. Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi yaitu Mikro dan Makro.

Hal ini dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku, dengan usianya sudah mencapai 40 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari 15.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori (dapat di kunjungi ke website kami : www.andipublisher.com ).

Strategi Pemasaran buku yang telah kami petakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan Udara (on line) dan strategi pemasaran buku serangan Darat ( off line ), dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas. Beberapa strategi tersebut dapat kita jelaskan secara singkat sebagai berikut :

1. Strategi pemasaran buku serangan udara/online, menggunakan sarana digital marketing.
    Beberapa manfaat dengan strategi digital marketing diantaranya, yaitu: 

a. Murah.
b. Daya jangkau luas. 
c. Mudah menentukan target pasar bukus esuai kebutuhan.
d. Komunikasi mudah samapi kepada pembaca.
e. Lebih cepat populer.
f. Digital dapat membantu pemasaran.
g. Mudah di evaluasi dan mudah dikembangkan.
h. Lebih proaktif, masif untuk mendapatkan konsumen baru.
i. Bisa membentuk citra produk untuk menjaga konsumen lama.

2. Strategi dengan memanfaatkan komnitas-komunitas yang ada, baik di grup guru, sekolah          maupun umum.
a. Menjalin komunikasi yang efektif, proaktif, efesien, di dalam komunitas tersebut yang ada        dalam jaringan.
b. Menyelenggarakan webinar-webinar melalui youtube TV Andi dengan tema menarik dan        aktual.
c. Memberikan discount khusus secara berkala

3. Strategi serangan off line/serangan darat.
Dengan memetakan wilayah-wilayah pemasaran, membuka cabang di kota/kabupaten yang potensial, membuka stokis yang representatif, stokos yang ada sudah ada 42 cabang.

4. Jaringan toko buku
a. Toko buku modern seperti toko buku Gramedia yang jaringanya ada 127 di seluruh Indonesia.
b. Toko buku semi modern seperti toko buku Toga Mas, Gunung Agung
c. Toko buku tradisional seperti toko buku kecil dan tidak menggunakan sarana online.
Untuk penjualan di toko buku ini dengan cara proaktif membuat banner, acrilik yang ditonjolkan, promo-promo buku yang sedang in seperti soal CPNS, AKM, dll

5. Mengembangkan sistem Directselling 
Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan. Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
- Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK,          SD, SMP, SMA, SMK).
- Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah.
- Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) .

Pembelian buku bisa langsung kunjungi di andipubliser.com
Pembelian buku dengan siplah, kunjungi Belanja.com dan cari cv Andi offset.

Kata2 mutiara :
"Jangan pernah ragu meniru penulis lain. Setiap seniman yang tengah mengasah keterampilannya membutuhkan model. Pada akhirnya, Anda akan menemukan gaya sendiri dan menanggalkan kulit penulis yang Anda tiru"




Bekasi, 8 Februari 2021

Salam Literasi, semangat menulis dan menginspirasi



Komentar

  1. Selalu luar biasa artikelnya. Inspiratif dan informatif 👍🙏

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

GEROBAK CERDAS BEKEN, lomba blog www.aisei.id

SEKOLAH ADIWIYATA, DIARY FEBRUARI 2021, HARI KE 23

PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK, KOTA BEKASI SIAP LAKSANAKAN.