ANTOLOGI PEMBELAJARAN EFEKTIF DI MASA PANDEMI
ANTOLOGI PEMBELAJARAN EFEKTIF DI MASA PANDEMI
RAMPES MEMBUKA HARI DENGAN SENYUM
Ditulis: Rince Wiki Utami
Video berikut merupakan karya literasi digital ananda Azdkia kelas SDIT Darul Maza di masa pandemi.
Di Masa pandemi akibat tersebarnya covid-19 di tahun 2020 tepat setahun lalu, mendadak semua berubah dengan cepat. Kondisi perekonomian merosot tajam, penutupan perkantoran serta layanan publik termasuk sektor pendidikan terkena imbasnya. Semua kegiatan beralih dari rumah. Dengan istilah work from home (WFH).
Seluruh guru berupaya melaksanakan pembelajaran yang bermakna sebagaimana yang dianjurkan menteri pendidikan dan kebudayaan Bapak Nadiem Makarim. Karena itu SDIT Darul Maza di mana penulis bertugas sebagai kepala sekolah mencoba sebuah terobosan dengan RAMPES menghidupkan berbagai unsur di dalam sekolah untuk tetap eksis melaksanakan pembelajaran dengan baik.
Kehidupan itu ibarat senyuman yang selalu terkembang dengan ceria. Senyum menandakan bahagia, senang dan sehat. Seorang yang penuh senyum biasanya penuh semangat, optimis, bisa atasi tiap masalah, senang membantu, seolah tanpa beban, memotivasi dan menginspirasi. Asal jangan senyum tanpa sebab ya, hemm.
Tulisan ini mengambil judul Rampes Membuka Hari dengan Senyum. Berharap kondisi pandemi yang belum menentu kapan berakhir, tidak dihadapi dengan sedih apalagi putus asa. Seluruh guru dapat melaksanakan tugas harian bertemu siswa dengan penuh senyum. Masalah apapun dalam pembelajaran dapat dimudahkan dan selesai, amin. Semoga bisa bermanfaat buat para guru dan pembaca budiman dimanapun berada.
Pengertian RAMPES.
Sampurasun berarti permisi atau ‘punten’, terdapat juga arti kata sampurna ing insun yang
berarti semoga kita semua berada dalam kesempurnaan, sedangkan kata RAMPES berarti
‘silahkan’ atau ‘ngaenyakeun’.
Kata Sampurasun diartikan juga permohonan maaf, dari kata sampurna atau ‘hampura’ bermakna saya mohon dimaafkan atau ‘abdi nyuhunkeun dihapunten’ dan jawaban “RAMPES” untuk ini artinya dimaafkan (Azis, 2019).
RAMPES sebagai sebuah strategi yang digunakan dalam dunia pendidikan khususnya di Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Maza mengandung pemahaman keterbukaan, kepedulian atau “silahkan” diwujudkan adanya diskusi, bergerak untuk terus belajar, pelatihan guru yang terbuka dapat diikuti guru dari sekolah lain, maupun dalam proses pembelajaran peserta didik dengan open laboratorium (OL) atau open class istilah umumnya.
Keterbukaan dan kepedulian terhadap perkembangan dunia pendidikan melahirkan kegiatan yang terus berlangsung mendidik, interaktif, inspiratif, inovatif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif.
Memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa kreatifitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologi peserta didik sebagaimana yang tertuang pada PP no 19 tahun 2005.
RAMPES Sebagai Strategi
Sebagai sebuah strategi RAMPES
-
Rencanakan tema, rencana adalah rancangan; buram (rangka sesuatu yang akan dikerjakan). sedang tema adalah suatu gagasan pokok atau ide pikiran tentang sesuatu hal (Nasional, 2008).Jadi rencanakan tema adalah membuat rancangan untuk merumuskan ide pikiran tentang suatu hal.
-
Aksi dan reaksi, setelah tema ditetapkan kemudian diadakan dialog, diskusi disemua elemen warga sekolah baik antara guru dengan guru, guru dengan peserta didik, guru dengan orang tua, sekolah dengan warga sekolah untuk mendiskusikan proyek apa yang akan dihasilkan sesuai dengan tema tersebut. Dalam kegiatan ini tidak menutup kemungkinan akan melahirkan ide-ide baru untuk menyukseskan program, selain itu bisa juga menumbuhkan semangat dalam bergerak bersama.
-
Memonitor, dan observasi, tahapan berikutnya pelaksanaan dari perencanaan yang sudah ditetapkan agar tercapai dengan baik maka memonitor dan observasi dilakukan secara berkesinambungan, membantu memecahkan bila guru kesulitan dalam melaksanakan proyek dengan tema yang telah ditetapkan.
-
Publikasi, yaitu pengumuman dalam hal ini sebagai sarana promosi sekolah . Proyek
yang telah diselesaikan harus dipublikasikan, dipamerkan karenanya hal ini menjadi kebanggaan dan prestasi bagi peserta didik khususnya maupun seluruh warga sekolah. -
Evaluasi, refleksi dan reward, selalu dilakukan setelah berakhir suatu kegiatan untuk mengetahui kelebihan, kekurangan dan juga memberikan penghargaan bagi keberhasilan suatu proyek baik bersifat individu maupun kelompok, untuk menambah semangat dan penyemangat bagi yang lain (Arikunto, 2007).
-
Soliditas, adalah keadaan (sifat), solid (kukuh, berbobot, kuat, dan sebagainya), memperoleh kepercayaan masyarakat dan profesionalisme (KBBI). Kerjasama yang terjalin dalam menyelesaikan sebuah project atau kegiatan bersama menumbuhkan profesionalisme kerja dan tentu soliditas seluruh komponen yang terlibat. Terciptalah sebuah praktik baik, karakter kuat menjadi pembiasaan atau habit di lingkungan sekolah.
Diawal pandemi kegiatan guru banyak terfokus untuk merencanakan, menyiapkan bahan ajar daring yang menarik, namun tidak mudah. Strategi RAMPES membantu para guru
menyelesaikan kegiatan harian sekolah tersebut. Guru berdiskusi secara terbuka dan mendapat berbagai pelatihan pendukung pembelajaran jarak jauh. Waktu pun terus berjalan, hingga terdengar sapaan hangat yang memberi kekuatan setiap hari di masa pandemi ini.
GEROBAK CERDAS
Memasuki tahun ajaran baru 2020/2021 dengan strategi RAMPES berupaya menghidupkan kembali dimana selama masa pandemi kegiatan literasi sekolah nyaris terputus.
Untuk memacu giat literasi dibutuhkan kolaborasi dengan berbagai staikholder baik dari guru, orang tua siswa maupun pihak-pihak yang peduli dengan literasi siswa. Sekolah mengadakan kerja sama dengan pihak ketiga secara gratis untuk menyelenggarakan webinar dengan judul “Literasiku Di Tengah Pandemi Jadi Prestasiku”.
Sambutan baik mengalir dari komite sekolah, orang tua, dinas pendidikan dan tentu siswa sendiri program ini dapat terselenggara pada 25 oktober 2020 yang lalu, tindak lanjut program ini adalah bimbingan menulis untuk seluruh siswa yang berminat secara gratis hingga menjadi karya buku antologi anak.
Selain melaksanakan giat webinar serta kelas menulis online, agar tetap berjalan program
gerobak cerdas, sekolah juga mengikuti “Tantangan Gareulis Jabar” yang diharuskan melaksanakan 10 tantangan literasi selama 1 tahun ke depan hingga Desember 2021.
Mengirimkan duta literasi sekolah terdiri dari tiga kategori yaitu kategori perseorangan yang diwakili oleh kepala sekolah, kategori GLS (Gerakan literasi sekolah) yang terdiri dari dua guru, satu wakil komite, satu wakil orang tua dan lima siswa kelas 3, kelas 4 dan kelas 5 serta kategori GLK (Gerakan Literasi Keluarga) diwakili keluarga ananda Thahira kelas 4.
Seluruh duta literasi masing-masing diharuskan menyelesaikan tantangan untuk diselesaikan selama satu tahun kedepan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan panitia, berupa karya puisi dan pantun 4 buah sesuai tema, cerpen, mendongeng, carpon, membuat review setiap bulan satu buku bebas, membuat diorama literasi, buku antologi, video literasiku, video mendongeng, membuat best praktis bagi guru, kepala sekolah dan masih banyak lainnya. Pastinya seru.
Menaklukkan tantangan literasi dalam “Gareulis Jabar” bukan perkara mudah, harus berjuang bersama dan saling menguatkan. Dukungan moril maupun materil dari segenap komponen sekolah sangat dibutuhkan. Kendala yang timbulpun dapat dicari solusi dan giat literasi sekolah bisa berjalan menghasilkan karya-karya yang dibanggakan. Ditengah pandemi tetap prestasi, akhirnya senyum bahagia terlihat di setiap wajah warga sekolah.
Bekasi, 24 januari 2021
Penulis : Rince Wiki Utami, S.Th.I, M.Pd
Seorang kepala sekolah SD swasta di Kota Bekasi kelahiran tahun 1971. Menyelesaikan program Master Teknologi Pendidikan tahun 2014. Aktif dibeberapa akun media sosial seperti blog https://gupres2020.blogspot.com, facebook wiki utami, Instagram bundatami4u, youtube Rince Wiki Utami serta pernah menulis artikel di koran Radar Bekasi. Bergabung dalam kelompok menulis seperti KPPJB, KPLJ, AISEI, KSGN yang di asuh oleh penulis berpengalaman seperti Om Jay (Wijaya Kusumah), Ibu Kanjeng (Sri Sugiastuti), dkk. Buku antologi puisi berjudul Aksara Penyair, Pesona Nusantara, The Magic of Inspiration sudah diterbitkan, In Syaa Allah akan menyusul buku lainnya, aamiin.
tulisan yang semakin lengkap dan semakin renyah untuk dibaca....
BalasHapusHatur nuhun suportnya pak haji..
HapusHebring pisan bu hajjah rince..........lanjutkeun
BalasHapusMuhun, in syaa allah..
HapusAksi nyata melalui Gerobak Cerdas dan aplikasi RAMPES membuka mata kami para guru di daerah untuk berupaya berkarya.
BalasHapusMangga pak D , di ATM kan
HapusWaah keren banget, kreatif dan informatif. Good job. Lnjutkn 👍🙏
BalasHapusHatur nuhun pak Nana suportnya
HapusBagus Bu.
BalasHapusTerima ksh bu Nunung...salam literasi
HapusSy ucapkan sukses ya bu
BalasHapusAamiin..salam literasi
HapusMantap untuk pembelajaran disekolah lain. Salam sukses Bu
BalasHapusIya pak hari...saling semangati..salam literasi..
HapusBunda Utami, trimks sdh share ide2 dlm membuat gerobak cerdas keren...
BalasHapusSami2 ibu..
HapusWoooowwww...dapat tambahan ilmu baru, RAMPES dan Gerobak Cerdas. Gerakan literasi yang luar biasa...selamat dan terus semangat Bun...semoga tetap selalu menginspirasi..
BalasHapusHatur nuhun...salam literasi
HapusRAMPES menarik sekali...
BalasHapusYang Gerobak Cerdas belum sempat saya ATM-Kan, Kini sudah ada RAMPES...
Luar biasa Produktif Ibu RW ini...
Terimakasih sudah berbagi..
Pak Indra tulisannya jg bagus2..di blog sy pndtg baru..
HapusLuar biasa Bu Utami. RAMPES dan GEROBAK Cerdas strategi yang sangat bermanfaat. Terima kasih Ibu.
BalasHapusSami2 ibu..salam literasi
HapusTerimakasih bunda. Gerobak cerdas..bisa kita terapkan..
BalasHapusSilakan ibu...semoga manfaat..
HapusMangga teman2 guru se Indonesia.. silahkan di ATM gerobak cerdasnya, untuk RAMPES sdh sy HAKI- kan.. tp boleh menerapkan
BalasHapusKeren luar biasa. Strategi yang jitu ... patut dikembangkan. Selamat ya.
BalasHapusTerus berkarya. 😍🤩🤗👍👍👍🙏
Luar biasa keren.. Best Practice seorang guru inovatif yg kreatif...
BalasHapusKarya nyata
BalasHapusDalam dan bermakna ,saya suka
BalasHapusBagus sekali Bu
BalasHapusSukses dengan RAMPES
Bagus Bu ide RAMPES nya moga sukses
BalasHapus